Rumah Adat Daerah Jawa

Walau termasuk budaya dari 3 tiga daerah yang berbeda namun tidak banyak perbedaan antara satu sama lain. Di jawa barat memilki lima rumah adat yang dimana itu memiliki ciri khas daerah setempat.

10 Rumah Adat Indonesia Yang Memikat Ini Menunjukkan Bahwa Indonesia

Dan setiap rumah memilki keunikan dan perbedaan masing masing.

Rumah adat daerah jawa. Dengan bahan bahan material bangunan tradisional yang punya filosofi mendalam dan sarat akan sejarah tentunya. Rumah adat jawa barat jawa barat termasuk salah satu propinsi di indonesia yang letaknya di bagian barat sendiri dari pulau jawa. Rumah adat jawa pada umumnya merupakan rumah yang didirikan oleh masyarakat yang tinggal di daerah jawa tengah dan jawa timur.

Rumah adat using merupakan rumah adat jawa timur lebih tepatnya di kabupaten banyuwangi yang terletak di paling timur pulau jawa berbatasan dengan selat bali. Rumah adat jawa barat mempunyai banyak nama dan rupa. Rumah adat ini mempunyai kemiripan dengan rumah adat joglo jawa tengah.

Di jawa barat memilki lima rumah adat yang sertiap rumah adat mempunyai ciri khas daerah setempat. Rumah adat jawa barat tak ubahnya dengan rumah adat dari daerah lain yang juga memiliki keunikan tersendiri. Propinsi ini memiliki kebudayaan yang sangat unik jika dibandingkan dengan kebudayaan di daerah lain.

Terdapat beberapa jenis dan nama nama rumah adat yang punya bentuk khas unik dan cantik. Rumah adat joglo di jawa timur masih dapat kita temui banyak di daerah ponorogo. Perlu diketahui rumah joglo merupakan rumah adat dari provinsi jawa timur jawa tengah dan yogyakarta.

Perbedaan bisa dilihat dari atap rumah dan bahan dalam pembuatan rumah tersebut. Rumah adat jawa timur rumah adat jawa timur joglo dasar filosofi dan arsitekturnya sama dengan rumah adat di jawa tengah joglo. Selain itu rumah adat ini mempunyai filosofi dan sanepan yang terkandung didalam rumah adat ini.

Dan setiap rumah memilki keunikan dan perbedaan masing masing. Salah satunya adalah bentuk rumah adat jawa barat. Rumah adat jawa timur ini masih tetap terjaga keasliannya sehingga para wisatawan yang berkunjung juga merasakan suasana banyuwangi tempo dulu.

Ciri khas rumah adat ini adalah bentuknya lebih minimalis tetapi artistik. Dengan itu tergantung dengan desain dari rumah yang digunakan. Rumah adat jawa yang ke empat sekaligus yang terakhir adalah rumah joglo.

Arsitektur rumah adat jawa memiliki aturan hierarki yang dominan seperti yang tercermin pada bentuk atap rumah. Rumah adat jawa lainnya selain rumah joglo sebetulnya ada beberapa desain rumah adat jawa tengah lainnya yang dikenal dalam budaya masyarakat suku jawa yaitu rumah panggang pe rumah kampung rumah limasan dan rumah tajug. Rumah adat joglo jawa timuran merupakan rumah adat yang berasal dari provinsi jawa timur.

10 Rumah Adat Indonesia Yang Memikat Ini Menunjukkan Bahwa Indonesia

10 Rumah Adat Terpopuler Di Indonesia

34 Rumah Adat Provinsi Tradisional Indonesia Lengkap Deskripsi

Rumah Adat Bangsal Kencono Daerah Istimewa Yogyakarta Backpacker

Inilah Empat Rumah Adat Jawa Barat The Journey

Rumah Adat Bangsal Kencono Daerah Istimewa Yogyakarta Backpacker

Gambar Rumah Adat Jawa Timur Beserta Penjelasan Dan Keterangannya

Ciri Khas Desain Rumah Adat Jawa Barat

Rumah Adat Jawa Rumah Kampung Limasan Dan Joglo


0 Response to "Rumah Adat Daerah Jawa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel