Pondasi Rumah Tahan Gempa

Pondasi anti gempa harus terletak di tanah yang keras. Rumah tahan gempa ahadi 28 march 2011 rumah 4 comments posisi indonesia yang terletak di daerah rawan gempa memaksa kita untuk lebih cermat dalam membangun sebuah rumah yang aman pengalaman dari gempa dan tsunami di aceh 2004 silam membuka mata para perencana agar mengembangkan konsep rumah anti gempa.

Rumah Anda Sudah Tahan Gempa Ini Tips Dari Pakar Tekno Tempo Co

Rumah tahan gempa unik yang ada di afrika ini terbuat dari ban bekas yang disusun menyerupai batu bata.

Pondasi rumah tahan gempa. Pondasi rumah tahan gempa konsep bangunan tahan gempa pada dasarnya ialah upaya untuk menciptakan seluruh elemen lokasi tinggal menjadi satu kesatuan yang utuh yang tidak lepasruntuh dampak gempa. Penerapan konsep tahan gempa antara beda dengan teknik membuat sambungan yag lumayan kuat diantara sekian banyak elemen itu serta pemilihan material dan pengamalan yang tepat. Itu sebabnya banyak orang yang tinggal di indonesia sekarang ini sudah mulai memikirkan cara membangun sebuah rumah yang tahan gempa terutama bagian pondasi rumah.

Seringkali demi menghemat material pemborong atau tukang memotong lajur pondasi dibawah pintu dengan alasan bagian pondasi dibawah kusen pintu tidak menahan beban rumah. Hal ini bertujuan agar ada keterikatan antara pondasi rumah dengan sloof. Meski demikian rumah ini memiliki rangka pondasi pada umumnya.

Desain seperti ini juga bisa disebut sebagai rumah ramah lingkungan yang menggunakan berbagai material daur ulang. Pondasi batu kali yang dirancang tahan gempa harus dibuat menerus tanpa terputus. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat pondasi tahan gempa dari batu kali.

Gempa sedang sedikit berakibat pada struktur tapi masih aman dan untuk gempa yang besar sudah mengakibatkan kerusakan pada struktur tapi strukturnya masih tetap berdiri dan tidak roboh. Sehingga ketika terjadi gempa ikatan antara pondasi dengan sloof tidak terlepas. Gaya lateral akibat gempa akan mempunyai sifat yang inersia dan akan berkaitan langsung dengan massa bangunan.

Desain rumah bangunan tahan gempa prinsip yang akan mendukung sebuah rumah bangunan tahan dan tanggap gempa adalah prisnsip bahwa massa pada bangunan denah berbentuk simetris. Itulah pentingnya perencanaan bangunan tahan gempa agar bangunan yang kita tempati aman stabil dan tidak mudah roboh saat terjadi gempa. Seperti yang telah diketahui bahwa indonesia termasuk negara yang cukup rawan akan bencana gempa.

Pedoman Praktis Pembangunan Rumah Tahan Gempa Zulfikri S Webblog

Kerangka Pondasi Tahan Gempa Apartemen Di Daerah Shinjuku Tokyo

Inilah Desain Konstruksi Rumah Yang Tahan Gempa Blog Sribu

Konstruksi Tahan Gempa Untuk Rumah Tinggal Sederhana Home Design


0 Response to "Pondasi Rumah Tahan Gempa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel