Rumah Adat Daerah Jawa Tengah

Rumah adat jawa tengah lainnya. Salah satu yang laing dikenal adalah desain rumah adat bernama joglo.

34 Rumah Adat Provinsi Tradisional Indonesia Lengkap Deskripsi

Rumah joglo merupakan rumah adat jawa tengah yang paling tersohor.

Rumah adat daerah jawa tengah. Konon hanya orang kaya dan terpandang saja yang mampu membangun joglo. Padepokan jawa tengah merupakan bangunan induk istana mangkunegara di surakarta. Rumah adat jawa tengah yang paling banyak diketahui orang sekaligus menjadi ikon provinsi jawa tengah adalah rumah joglo tapi sebetulnya ada berbagai desain rumah adat jawa tengah yang lainnya yang di kenal dalam budaya masyarakat suku jawa yakni rumah panggang pe rumah kampung rumah limasan dan rumah tajud.

Jawa tengah merupakan provinsi yang berada dibagian pulau jawa ibukota daerah ini yaitu semarang. Desain ini lebih dikenal karena selain lebih banyak digunakan juga dianggap memiliki gaya arsitektur yang unik serta sarat dengan nilai filosofis kemasyarakatan. Rumah adat jawa tengah dinamakan padepokan.

Mempunyai nama rumah adat yang biasa disebut dengan joglo bahkan joglo ini tidak hanya dipunyai oleh jawa tengah saja melainkan juga rumah adat yogyakarta dan jawa timur. Rumah adat jawa pada umumnya merupakan rumah yang didirikan oleh masyarakat yang tinggal di daerah jawa tengah dan jawa timur. Bahkan setiap sudut ruangan dan bentuk rumah ini memiliki makna tersendiri yang membuatnya semakin unik dan istimewa rumah adat joglo merupakan rumah adat yang berasal dari suku jawa yang kebanyakan bermukim di jawa tengah dan jawa timur dan daerah istimewa yogyakarta.

Tidak hanya di jawa tengah melainkan yogyakarta dan jawa timur juga sebagai ciri khas rumah adatnya jadi jangan salah bila di jawa timur yogyakarta terdapat rumah joglo. Selain karena hiruk pikuk ekonominya provinsi ini juga tersohor karena unsur kebudayaannya yang masih terjaga. Rumah adat jawa tengah memilki keunikan gaya arsitektur dan nilai nilai filosofi yang tinggi.

Joglo jawa tengah merupakan salah satu provinsi penting di pulau jawa. Arsitektur rumah adat jawa memiliki aturan hierarki yang dominan seperti yang tercermin pada bentuk atap rumah. Ketika mendengar rumah adat jawa tengah mungkin teman teman akan terpikir dengan rumah joglo.

Jawa tengah memilki rumah adat nya yang bernama rumah adat joglo yang memiliki keunikan dan sarat dengan nilai filosofi di lihat dari sudut gaya arsitekturnya. Hal tersebut ditunjukkan pada bangunan rumah adat jawa tengah ini. Rumah adat jawa tengah.

Nama rumah adat jawa tengah. Rumah penduduk dan keraton di jawa tengah umumnya terdiri dari 3 ruangan. Ya betul sekali rumah adat jawa tengah ialah rumah joglo.

Rumah adat jawa tengah masyarakat suku jawa mengenal beragam desain hunian dalam budayanya. Rumah adat jawa dengan ciri khasnya sangat menarik untuk dipelajari. Dengan demikian secara tidak langsung rumah adat ini menunjukkan status sosial dan ekonomi pemiliknya.

Rumah Adat Perfectionist

Rumah Adat Joglo

Mengenal 5 Rumah Adat Jawa Tengah Yang Masih Exis Hingga Kini

5 Rumah Adat Di Jawa Tengah Youtube


0 Response to "Rumah Adat Daerah Jawa Tengah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel