Rumah Adat Di Jawa Tengah

Rumah adat jawa tengah memilki keunikan gaya arsitektur dan nilai nilai filosofi yang tinggi. Oleh karena itu pembahasan akan dibahas setelah 6 rumah adat jawa yang terkenal ini.

Rumah Adat Jawa Tengah Beserta Gambar Dan Penjelasannya

Hal tersebut ditunjukkan pada bangunan rumah adat jawa tengah ini.

Rumah adat di jawa tengah. Perlu diketahui rumah joglo merupakan rumah adat dari provinsi jawa timur jawa tengah dan yogyakarta. Salah satu yang laing dikenal adalah desain rumah adat bernama joglodesain ini lebih dikenal karena selain lebih banyak digunakan juga dianggap memiliki gaya arsitektur yang unik serta sarat dengan nilai filosofis kemasyarakatan. Pengunjung pun dapat merasakan suasana desa di jawa tengah pada zaman dahulu kala.

Rumah adat jawa tengah masyarakat suku jawa mengenal beragam desain hunian dalam budayanya. Rumah adat jawa tengah yang paling banyak diketahui orang sekaligus menjadi ikon provinsi jawa tengah adalah rumah joglo tapi sebetulnya ada berbagai desain rumah adat jawa tengah yang lainnya yang di kenal dalam budaya masyarakat suku jawa yakni rumah panggang pe rumah kampung rumah limasan dan rumah tajud. Adalah suatu ruangan yang menghubungkan antara pendopo sama omah njero atau dalem.

Rumah adat jawa yang ke empat sekaligus yang terakhir adalah rumah joglo. Jawa tengah merupakan provinsi yang berada dibagian pulau jawa ibukota daerah ini yaitu semarang. Mmepunyai tiga bagian utama di dalam rumah adat tersebut yaitu pendopo pringgitan dan juga omah ndalem.

Tidak cuma di yogyakarta saja rumah joglo mempunyai bagian bagiannya jawa tengah pun memilikinya berikut ini adalah ulasan tentang klasifikasi bagian rumah adat jawa tengah. Padahal rumah tradisional provinsi yang beribukota di semarang tersebut tidak hanya itu. Joglo seolah telah menjadi jati diri masyarakat jawa sebagaimana rumah gadang bagi orang minangkabau.

Nah rumah adat joglo jawa inilah yang akan dibahas secara rinci pada artikel ini. Berbicara tentang rumah adat jawa tengah secara otomatis pikiran kebanyakan orang akan tertuju kepada joglo. Rumah adat jawa tengah ini telah menjadi primadona di kalangan masyarakat.

Meskipun sudah jarang dijadikan tempat tinggal rumah joglo kini dijadikan konsep menarik untuk restoran atau hotel. Di lain waktu ia juga bisa dialihfungsikan sebagai kamar pengantin yang baru saja menikah. Mempunyai nama rumah adat yang biasa disebut dengan joglo bahkan joglo ini tidak hanya dipunyai oleh jawa tengah saja melainkan juga rumah adat yogyakarta dan jawa timur.

Simbol status sosial sama seperti rumah adat di daerah lainnya joglo juga bisa dijadikan acuan untuk menakar status sosial seseorang. Rumah adat joglo jawa tengah merupakan filosofi pertama dari rumah joglo di provinsi lainnya. Pendopo merupakan bagian utama yang digunakan untuk menerima tamu.

Bagian bagian rumah adat jawa tengah. Meski diakui sebagai rumah adat jawa tengah tapi tidak semua rakyat atau masyarakat jawa tengah memiliki rumah ini. Walau termasuk budaya dari 3 tiga daerah yang berbeda namun tidak banyak perbedaan antara satu sama lain.

Rumah Adat Tradisional Jawa Tengah

Desain Rumah Adat Jawa Tengah Modern Desain Rumah Minimalis 2019

Rumah Adat Jawa Tengah Rumah Joglo Wyapaka Arsitektur Lokal

11 Rumah Adat Jawa Tengah Nama Gambar Dan Penjelasannya

5 Jenis Rumah Adat Jawa Tengah Masih Dapat Dijumpai

Jual Miniatur Rumah Adat Jawa Tengah Arqee Art Tokopedia


0 Response to "Rumah Adat Di Jawa Tengah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel