Fungsi Rumah Adat Joglo

Salah satu yang paling dikenal adalah desain rumah adat yang bernama joglo. Desain dari rumah adat ini lebih dikenal dikarenakan selain lebih banyak dipakai juga dianggap mempunyai gaya arsitektur yang unik dan sarat akan nilai filosofis kemasyarakatan.

25 Inspirasi Gambar Desain Rumah Adat Jawa Timur Dan Penjelasannya

Salah satu yang paling dikenal adalah desain rumah adat yang bernama joglo.

Fungsi rumah adat joglo. Bagian ruangan yang terdapat pada rumah joglo. Untuk menunjang fungsi yang satu ini rumah adat jawa tengah ini dibagi menjadi beberapa susun ruangan dengan fungsinya masing masing seperti terlihat pada denah di samping yaitu. Rumah adat joglo sendiri terdiri dari 2 bagian utama yakni pendopo dan bagian dalam.

Masyarakat suku jawa mengenal berbagai macam desain hunian dalam kebudayaannya. Setiap rumah mempunyai penjelasan masing masing seperti yang dijelaskan dibawah ini. Rumah adat joglo ini merupakan rumah tradisional dari jawa tengah.

Deskripsi rumah adat joglo dalam bahasa jawa anis widyastuti 320 am. Rumah tradisional jawa terbagi menjadi dua bagian yakni rumah induk dan rumah tambahan 2. Rumah adat joglo rumah adat paling terkenal di pulau jawa rumah adat joglo merupakan rumah tradisional yang paling terkenal dari semua rumah di pulau jawa.

Learning task deskripsi rumah adat joglo dalam bahasa jawa. Joglo adalah rumah tradisional masyarakat jawa atau daerah lain di indonesia yang terdiri atas 4 tiang utama. Bagian pendopo adalah bagian depan joglo yang mempunyai ruangan luas tanpa sekat sekat biasanya digunakan untuk menerima tamu atau ruang bermain anak dan tempat bersantai keluarga.

Masyarakat suku jawa mengenal berbagai macam desain hunian dalam kebudayaannya. Dalem yaiku pusat ing omah joglo. Tidak hanya jawa tengah namun juga terdapat di jawa timur serta yogyakarta dengan ciri khas masing masing.

Selain rumah adat joglo ada beberapa desain rumaha adat yang yang dikenaloleh masyarakat jawa yaitu rumah panggang pe rumah kampu rumah limas an dan rumah tajug. Rumah adat jawa tengah yang paling banyak diketahui orang sekaligus menjadi ikon provinsi jawa tengah adalah rumah joglo tapi sebetulnya ada berbagai desain rumah adat jawa tengah yang lainnya yang di kenal dalam budaya masyarakat suku jawa yakni rumah panggang pe rumah kampung rumah limasan dan rumah tajud. Miturut pola tata ruang dalem duweni prabedan ing duwuring pondasi saengga membagi ruang dadi 2 area.

Fungsi rumah adat selain memiliki fungsi sebagai ikon budaya dan gambaran kehidupan sosial masyarakat jawa rumah joglo pada dasarnya juga berfungsi sebagai tempat tinggal. Sebagai sebuah rumah tentu saja rumah adat joglo memilki fungsi seperti rumah pada umumnya yaitu sebagai tempat tinggal dan berkumpulnya anggota keluarga nah rumah tradisional ini memiliki berbagai ruangan yang memiliki fungsi khusus sebagai berikut ini pendopo. Fungsi utamane kanggo ruang keluarga.

Mengenal Rumah Joglo Berserta Bagian Dan Fungsinya Hingga Menjadi

Rumah Adat Jawa Tengah Joglo

Fungsi Dan Keunikan Rumah Adat Provinsi Jawa Timur Media Edukatif

Sejarah Dan Peristiwa Rumah Adat Jawa


0 Response to "Fungsi Rumah Adat Joglo"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel