Tata Krama Di Rumah

Ada peran berbeda yang harus kita mainkan untuk menghargai jasa pemilik rumah. Etika pelajar saat di lingkungan masyarakat.

7 Tata Krama Yang Harus Diajarkan Pada Anak

Tempat duduk seseorang di rumah gadang ditentukan oleh fungsinya di dalam kekerabatan matrilineal.

Tata krama di rumah. Krama berarti sopan santun kelakuan tindakan perbuatan. Bila mengakhiri percakapan ucapkan salam selamat pagi sampai ketemu lagi sukses selalu salam untuk keluarga di rumah dan lain sebagainya. Tata krama bukan hanya dilakukan ketika individu berada di dalam rumah melainkan juga dilakukan pada saat di luar rumah.

Tata krama dan tata tertib ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan. Tata krama terdiri atas tata dan krama. Individu yang mampu menerapkan tata krama baik di dalam maupun di luar rumah akan dihormati oleh orang lain.

Sebagai tamu kita tidak bisa meminta pelayanan seperti di hotel atau penginapan. Meski keluarga sendiri menginap barang semalam saja tetap ada etikanya. Tata krama dalam bertamu harus tetap dijaga agar tujuan bertamu itu dapat tercapai.

Menurut pemaparan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa pengertian tata krama adalah kebiasaan sopan santun yang disepakati dalam lingkungan pergaulan antar manusia setempat. Tata krama di lingkungan rumah dalam keluarga keluarga merupakan tempat pertama dan utama dalam pembentukan jati diri dan kepribadiaan seseorang yang berhubungan langsung dengan anggota keluarga. Mamak rumah atau laki laki dewasa yang berasal dari keturunan saparuik di rumah gadang duduk di tepi.

Karena tata krama dan sopan santun adalah cerminan pribadi kita. Tata krama dan tata tertib sekolah ini mengikat siswa sejak berangkat dari rumah di sekolah sampai tiba di rumah kembali. Dalam hal ini perempuan yang berada di rumah sendirian hendaknya juga tidak memberi izin masuk tamunya.

Tapi tidak setiap orang tahu bagaimana harus membawa diri di depan umum agar dirinya dihargai. Tata berarti adat aturan norma peraturan. Ia duduk membelakangi dinding depan dan menghadap ke ruang tengah.

Tata krama pergaulan setiap orang ingin dihargai paling sedikit diperlakukan dengan baik oleh orang lain. Apabila tata krama ini dilanggar maka tujuan bertamu itu justru akan menjadi rusak yakni renggangnya hubungan persaudaraan. Lingkungan yang termasuk di dalamnya tentang apa yang mereka lihat mereka tonton dan mereka jalani sehari hari.

Mempersilahkan tamu lelaki. Tata krama bermalam di rumah saudara. Mamak rumah duduk menghadap ke pintu bilik atau ke kamar kamar penghuni rumah.

Karena bisa saja ketika di rumah orangtua sudah mengajarkan nilai kesopanan dan tata krama dengan baik namun ketika anak bermain diluar rumah teman teman atau orang sekitarnya justru mengajarkan nilai yang bertolak belakang dengan tata krama.

Guys Pamitan Sama Ortu Pacar Itu Perlu Banget Jangan Asal

Tata Krama Pada Masyarakat Jawa

Untitled

Jual Takra Tata Krama Cerita Tata Krama Di Rumah Sekolah Dan

Contoh Budi Pekerti Dalam Kehidupan Sehari Hari Penulis Cilik


0 Response to "Tata Krama Di Rumah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel